BALI UNIK

B A L I   ITU UNIK

          Bali itu unik, Bali tidak memiliki naskah suci yang mendunia, seperti Bhagawad Gita, Catur Veda, Yoga Sutra Patanjal dll. Naskah-naskah suci yg ada di Bali sebagian besar adalah smerti, turunan dari naskah-naskah sruti asing. Keyakinan orang Bali sebelum mendapat pengaruh Hindu adalah Animisme dan Dinamisme. Artinya, orang Bali hidup dalam kemurnian, hidup asli sebagai manusia berdasarkan pada pengetahuan yang muncul atau bersumber pada pusat kesadaran, hati yg paling dalam dimana Tuhan berada, atau pengetahuan yang bersifat sruti, tidak berdasarkan tulisan. Bali baru mengenal tulisan sekitar abad ke 8, meskipun demikian para Yogi atau orang-orang suci banyak yang datang ke Bali dan senang tinggal di Bali.

          Dimulai dari kedatangan Bhatara Hyang Tiga Sakti, yang diutus oleh Hyang Pasupati / Shiwa untuk mengajegkan Bali :
1. B. H. Putranjaya - Pura Besakih / Gunung Agung
2. B. H. Gnijaya - Pura Lempuyang luhur / Gunung Lempuyang
3. B. H. Dewi Danu - Pura Batur / Gunung Batur
Kemudian ketiga Beliau-Beliau tersebut menjadi junjungannya orang Bali, dan sekaligus menjadi Leluhurnya orang Bali. Beliau-Beliau tersebut berkedudukan/berstana di Pura Sad Kahyangan yang berfungsi sebagai pusat orientasi atau kiblatnya orang Bali dalam beragama, dan dimanifestasikan sebagai Shiwa Lingga. Bali sedikit berbeda dengan India dalam hal beragama , orang India dalam beragama/berdoa orientasinya pada Dewa-Dewa. Bali juga mengenal Dewa-Dewa, tapi orang Bali dalam beragama/berdoa lebih condong kepada Leluhur.

         Status pura yg berada dibawah Sad Kahyangan adalah Dang kahyangan. Dang yang artinya Guru, Dang Guru, atau tempat kita belajar, jadi Dang Kahyangan adalah tempat kita untuk memohon bimbingan dan tuntunan. Mohon kepada para leluhur yang sudah  mencapai/sampai/moksha, sebagai Sat Guru atau Guru Sejati. Bali memiliki aura yang sangat baik atau taksu, adalah tempat yang nyaman dan mudah untuk belajar spiritual.

          Sampai saat ini  Bali masih tetap independen, bertahan pada kearifan lokalnya, meskipun banyak idiologi yg masuk ke Bali. Salah seorang tokoh spiritual India, yang saat ini pengikutnya paling banyak di dunia mengatakan bahwa, Bali more ancient than India.



Dari berbagai sumber.

Lukisan Pura Desa Mambal, koleksi pribadi

᭒᭗ ᬚᬸᬮᬶ ᭓᭑᭘ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭘ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA