PAKEM DLM PEWAYANGAN

PAKEM  DALAM  P E W A Y A N G A N

       Tokoh-tokoh yg tidak boleh mati atau dibunuh dlm pewayangan, Punakawan (Tualen, Merdah, Melem, Sangut), Punakawan adalah simbol dari rakyat. Rakyat adalah Gugusan Jiwa (gugusan atma), yang berarti Purusha/Tuhan.
Maka ada istilah, Suara rakyat suara Tuhan.

        Kemudian, tokoh lain yang tidak boleh mati/dibunuh adalah Anoman, Anoman adalah simbol kebaikan. Berasal dari Pranawa atau Sabda (OM=AUM), O dan M  = AU dan M.
ANOMAN ANOM = ANAUMA-NA-UM
A    = BRAHMA (pencipta)
NA = TIDAK (dari bhs sanskrit)
U    = WISNU (pemelihara)
M   = SHIWA (pelebur/daur ulang)
Jadi, yang berperan dalam penciptaan Anoman hanya U  dan M, A tidak. Anoman sengaja diciptakan oleh U dan M karena kepentingan. Kebaikan sengaja ditumbuhkan dan dipelihara, tidak boleh dilenyapkan.  Yang lain boleh mati dan akan tumbuh pengganti  dengan sendirinya, karena ada kekuatan penciptaan dari Brahma (A).
Fakta ini dapat kita lihat pada bendera, kereta perangnya Arjuna, ada gambar Anoman. Anoman tetap ada pada jaman berikutnya dalam perang Bharata Yuda kebaikan harus tetap ada sepanjang jaman dan sengaja dipelihara.  Saat itu kebaikan berpihak pada Pandawa.

        Seperti petani menanam padi, padi sengaja ditanam karena kepentingan sedangkan rumput/gulma akan tumbuh dengan sendirinya. Rumput/gulma boleh dilenyapkan karena gampang tumbuhnya.

Jadi kebaikan harus diupayakan, ditumbuhkan dan dipelihara. Sedangkan ketidak baikan pasti akan tumbuh dengan sendirinya tanpa diminta atau diharapkan.

ᬍ ᬳᭀᬓ᭄ᬢᭀᬩᭂᬃ᭞ ᭓᭑᭗ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬟᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭗ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Lukisan Anoman koleksi pribadi.

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA