APA ITU YOGA?

APA ITU  Y O G A?

           Ada banyak definisi tentang Yoga. Yoga  berasal dari kata 'yuj' yang artinya menyatu. Ada yang mengatakan bersatunya;  jiwa individu dengan jiwa universal, kesadaran individu dg kesadaran universal, atma dengan paramatmaprana dengan apana. Menurut Maha Rsi Patanjali, dalam Yoga Sutra Patanjali, Yoga adalah "Disiplin". Pencapaian tertinggi dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu "Disiplin".

        Yoga Sutra Patanjali bukan Agama, tidak mengajarkan apa yang boleh dilakukan atau yang tidak boleh dilakukan. Tapi mengajarkan bagaimana caranya untuk mencapai tujuan. Yoga Sutra Patanjali bukan sebuah buku, karena buku tidak dapat mengajar dan juga tidak dapat mengantarkan untuk sampai pada tujuan.

         Yoga Sutra Patanjali adalah Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan yang berasal dari hati yang paling dalam, pusat kesadaran dimana Kasih / Cinta / Tuhan berada. Yoga Sutra Patanjali adalah Sruti / Suara Tuhan / Wahyu. Maha Rsi Patanjali menyusun Pengetahuan ini dalam Yoga Sutra Patanjali, secara sistematis dan terstruktur, sehingga menjadi mudah untuk dipelajari dan dipahami, kemudian bagaimana cara melaksanakannya atau melakukannya.

          Yoga Sutra Patanjali menjadi pedoman para leluhur kita lebih dari 1000 th, untuk mencapai kebebasan atau pencapaian tertinggi. Naskah-naskah suci yang ada di Bali sebagian besar bersumber pada naskah ini.

       Yoga, juga berarti skill atau keahlian. Keahlian dalam mengelola emosi, keahlian berinteraksi dengan dunia luar, situasi, kondisi dan orang-orang sehingga tetap exis dalam menjalani hidup ini. Yoga bertujuan membebaskan manusia dari  kungkungan dunia materi, pikiran adalah wujud materi yang paling tinggi, dan manusia dibebaskan dari jerat pikiran.

Lukisan "Buddha" koleksi art studio Mambal.

᭑᭜ ᬫᬾᬳᬶ ᭓᭑᭘ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭘ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA