PIKIRANMU BUKAN DIRIMU

P I K I R A N M U  BUKAN DIRIMU

      Sering kali kita berpikir, bahwa setiap melakukan sesuatu menganggap, itu adalah tugas dan kewajiban. Setiap mengerjakan sesuatu kita mengklaim, bahwa itu adalah tugas dan kewajiban kita. Darimana Kamu tahu bahwa itu adalah tugasMu dan kewajibanMu? Siapa yang menyuruh bahwa Kamu harus melakukan ini dan itu? Siapa yg menciptakan tugas dan kewajiban untukMu? Sehingga, Kamu harus melakukan ini dan itu!

        Sesungguhnya kita tidak tahu apa yang mesti dan harus dilakukan. Kenyataannya, ketika kita tahu butuh sesuatu, tapi mengerjakan yang lain, selalu bercabang, begitulah cara kerja pikiran. Pendapat yang muncul dari dalam pikiran kita adalah hasil dari mengasumsi keadaan dunia luar / obyek. Karena pikiran mengidentifikasi dan mengasumsi dunia luar. Pikiran kita distimulasi oleh keadaan, pendapat orang, pikiran orang, dan opini. Kemudian pikiran mengklaim seolah - olah itu adalah pendapat kita. Apapun yang muncul dalam pikiran, itu bukan diri kita. Selama kita belum tercerahkan, kita akan dibentuk oleh pikiran-pikiran kita sendiri, atau kita akan menjadi seperti apa yang ada dalam pikiran.
Kecenderungan kita adalah mengidentifikasi, bahwa diri ini adalah pikiran ini!

      Itu bukan berarti, bahwa kita tidak boleh melakukan ini dan itu, selama tindakan kita tidak merugikan orang lain dan tidak bertentangan dengan norma! 
Bhagawad Gita mengatakan bahwa dalam hidup ini kita harus beraktifitas/action, karena hidup adalah aktifitas.

PIKIRANMU BUKAN DIRIMU, DIA TDK PERNAH MENJADI DIRIMU, DAN TDK PERNAH DATANG DIMANA KAMU BERADA!

  Gelombang akan berhenti sebagai gelombang ketika sampai di dasar samudra. Begitu juga pikiran akan berhenti sebagai pikiran ketika sampai di hati yang paling dalam, pusat kesadaran.
Pikiran seperti gelombang hanya ada dipermukaan. Datang dan pergi.


᭑᭙ ᬲᭂᬧ᭄ᬢᬾᬫ᭄ᬩᭂᬃ ᭓᭑᭘ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬟᬸᬕ ᬍ᭜᭑᭘ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

The sources of inspiring:  Yoga Sutra Patanjali and Mandukya Upanishad.

Lukisan Ganesa, tinta cina, art studio mambal

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA