SERBA TDK MENETU DAN SERBA MUNGKIN

EVERYTHING IS CHANGE

SERBA TIDAK MENENTU DAN SERBA MUNGKIN

         Semua Berubah, Rahwana putra dari Begawan Waisrawa, penguasa ilmu Sastra Jendra Pangruwating Diyu, Kurawa cucu dari Bagawan Wyasa, penyusun Catur Weda yang kita warisi sampai sekarang, Bagawan Walmiki penulis Epos Ramayana  waktu mudanya adalah seorang penjahat besar. Subali putra dari Rsi Gotama, adalah Maha Rsi Agung pada jamannya, bagaimana Subali bisa berbuat curang terthadap adiknya Sugriwa pada saat menyelamatkan Dewi Tara. Aswatama putra dari Bagawan Drona, guru terhebat pada jamannya dan banyak lagi contoh lain yang kontradiksi tidak sesuai dengan harapan.

         Kehidupan di dunia ini tidak berlaku linier, semua serba  berubah,  serba tidak menentu dan serba mungkin. Mengikuti teori fisika quantum. Pikiran orang, pendapat, opini, tubuh fisik selalu berubah, tubuh ini akan bertambah tua, mengalami kematian dan membusuk, tidak ada yang solid di dunia ini. "Coba kita perhatikan para elit politik di Jakarta dimana sebelumnya mereka saling bermusuhan, kemudian mereka bisa saling rangkul seperti bersaudara atau sebaliknya" Itu terjadi karena perubahan dalam kehidupan ini semua berubah, kepentingan berubah. Karena, pikiran dan kesadaran kita larut dengan keadaan atau dunia luar. Karma baik yang telah kita tanam akan kita nikmati dikehidupan berikutnya belum tentu kita akan menjadi orang yang beruntung. Kehidupan tidak berlaku linier, semuanya berubah. Sebagaimana Rama (Bhatara Wisnu) harus dibuang kehutan selama 14 th, dalam Epos Ramayana, "Kesalahan apa yang pernah beliau lakukan???"

          Hanya mereka yang telah menemukan Jati Dirinya mampu melewati kehidupan ini dengan mudah, tanpa halangan dan hambatan. Maha Rsi Patanjali mengatakan bersandarlah pada Jati Dirimu. Hal yang sama dikatakan oleh Mpu Kanwa, dalam Arjuna Wiwaha - Sasi Wimba ; "Jati Dirimu akan menampakkan wujud aslinya, seperti melihat bayangan bulan dalam air yang jernih -  bagi mereka yang menekuni Yoga"

          "Pikiran ini selalu berubah, seperti air yang mengikuti bentuk wadahnya." Jadi, selama ini kita hanya menjadi obyek dari pandangan kita, gagasan kita, pendapat kita dan pikiran-pikiran kita.

ᬤᬾᬲᬾᬫ᭄ᬩᭂᬃ ᭓᭑᭗ ᬤ᭄ᬯᬧᬭᬬᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭗ ᬫᬲᬾᬳᬶ᭟

YOURSELF IS NEVER CHANGE

Lukisan 'Puputan Badung' art studio Mambal

Sumber inspirasi : dari berbagai sumber

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA