SAMADHI

꧁_  S A M A D H I  _꧂

The Highest form of mind.

          Samadhi adalah wujud tertinggi dari pikiran atau pencerahan, bagian dari Asta Angga Yoga. Dhi artinya kecerdasan. Samadhi adalah pencapaian paling tinggi dalam Yoga, akan terjadi ketika pikiran berhenti bermodifikasi. Ada lima modifikasi pikiran;
1. Pramana - berpikir yg benar selalu terikat dg bukti.
2. Wiparyaya - berpikir yg tdk benar.
3. Wikalpa - menghayal.
4. Smerti - mengingat, meng-ingat2 masa lalu atau menyesali sesuatu yg telah lewat.
5. Nidra - mimpi - tidur.
Kelima mod tersebut selalu datang silih berganti, pikiran selalu dalam keadaan bermodifikasi atau berfluktuasi, tidak stabil. Ketika pikiran tidak mengalami modifikasi lagi dari kelima mod pikiran, pikiran akan menjadi harmonis (chitta, ahamkara, budhi dan manas selaras). Kondisi seperti itu disebut dengan "Suci Nirmala". Leluhur kita telah menyimpulkan hal ini dalam Sasi Wimba - kakawin "Arjuna Wiwaha."

Bagaimana cara menghentikan kelima mod tsb?

        Untuk memcapai Samadhi kita butuh Abyasah dan Wairagya. Sebagaimana halnya sebuah pedati akan butuh 2 ekor lembu untuk menariknya, sehingga bisa berjalan dengan mantap dan stabil, Abyaasah dan Wairagya ibarat 2 ekor lembu yang menarik pedati.  Abyasah artinya, kebiasaan / latihan / berlatih dan Wairagya adalah ketidak melekatan terhadap obyek atau keadaan dunia luar. Abyasah juga berarti mengambil kembali seluruh perhatianMu dan membawanya ke saat ini, menjadi total saat ini (fokus). Tidak terikat dengan keadaan masa lalu atau mengharapkan sesuatu dikemudian hari. Abyasah juga berarti tetap bertahan terhadap apa yang ingin kita capai. Kemudian Wairagya bukan berarti meninggalkan kehidupan, tapi tetap melakukan kewajiban namun tidak melarutkan diri atau tidak terikat dengan hasilnya. atau dengan kata lain membiarkan segala sesuatunya berjalan seperti apa adanya, prinsip NAK MULE KETO. Itulah cara atau teknik yang ditawarkan oleh Bhagawad Gita dan Yoga Sutra Patanjali, Abyasah! dan Wairagya!

Kapan dan dimana Samadhi terjadi?

         Tidak seperti menunggu sebuah bus atau kereta, dimana waktu dan tempat telah ditentukan. Samadhi akan terjadi setiap saat dimana Kamu berada! Jadi tidak mesti ditempat ibadah, tempat angker, gunung maupun hutan, tapi setiap saat dimana Kamu berada. Atau dengan kata lain, "tujuannya akan selalu ada, disetiap saat dimana Kamu berada"

        Samadhi adalah wujud tertinggi dari pikiran. Tidak ada usaha yang kita butuhkan untuk mencapinya. Hanya dengan rilek, Patanjali menyebutnya dengan abyasah purwah, latihan beristirahat atau bermeditasi. Sebagaimana kita tidur, kita tidak bisa tidur kalau ada sesuatu yang kita pikirkan. "Jadi pengalaman tidur kita sudah menggambarkan keadaan itu" Bedanya kalau tidur kita lakukan dengan terpaksa karena lelah, sedangkan meditasi kita lakukan dengan penuh kesadaran. Samadhi adalah sifat alami dari Sang Jati Diri, itu artinya tidak ada usaha apapun yang perlu kita lakukan untuk mencapainya. Samadhi adalah pencapaian bukan karena usaha kita, tapi terjadi begitu saja, sifat alaminya.

᭙ ᬚᬦ᭄ᬯᬭᬶ ᭓᭑᭘ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᬍ᭜᭑᭙ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Lukisan Buddha, art studio Mambal.

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA