KESADARAN

CONSCIOUSNESS - KESADARAN

THERE ARE THREE STATE OF CONSCIOUSNESS :
Ada tiga wujud kesadaran :

1. DREAM (WAKING, DREAMING, AND SLEEPING)

2. SAMADHI (THE HIGHEST FORM OF MIND)

3. TURIA (THE HIGHEST FORM OF CONSCIOUSNESS)


1. DREAM / MIMPI

* Waking Kondisi terjaga atau sadar, (bangun),  hanya memanfaatkan sebagian kecil dari kapasitas pikiran. Keadaan terjaga bukan produk dari pikiran, pikiran mengasumsi keadaan, pikiran distimulasi oleh keadaan. Pikiran terikat dengan segala sesuatu yang nyata atau nampak. Menganggap yang tampak ini adalah kebenaran atau riil. Apa yang ada atau segala yang tampak ini adalah ILUSI, produk dari Shakti / Power, yang diproyeksikan oleh Maya atau ilusi

* Dreaming / Keadaan bermimpi dalam tidur, pikiran dalam keadaan tidak sadar, pikiran tidak dapat mengendalikan / mengontrol mimpi. Mimpi akan terjadi begitu saja tanpa bisa dikontrol. Tidur adalah terapi untuk tubuh karena kelelahan. 

* Sleeping / Keadaan tidur tanpa mimpi (lelap), pikiran dalam keadaan tidak sadar total. Kondisi ini terjadi pada saat kita sedang sakit. 'Total loose control of consciousness'

Baik dalam keadaan sadar, mimpi, maupun tidur lelap adalah mimpi, itulah ketiga kondisi kesadaran yang kita alami, yang datang silih berganti. Hidup ini adalah mimpi. Lalu siapa yang tidak terikat dengan ketiga kondisi tersebut, Sang Jiwa Atma atau Sang Saksi. Jiwa Atma tidak dipengaruhi oleh ketiga mimpi, begitu juga seorang Yogi. Para Yogi melihat kehidupan ini adalah Mimpi dan melihat Mimpi sebagai Mimpi, tidak menginterprestasi Mimpi. 


2. SAMADHI :

Samadhi adalah wujud tertinggi dari pikiran, Dhi artinya kecerdasan. Pikiran atau Chitta tidak lagi bermodulasi/berfluktuasi atau mengasumsi keadaan. Pikiran sepenuhnya terikat pada Buddhi / kecerdasan bersumber pada hati yang paling dalam, pusat kesadaran dimana Tuhan berada. Antara ChittaBudhi dan Manas selaras atau harmonis. Kondisi ini oleh leluhur kita disebut Suci Nirmala. "Seperti melihat bayangan bulan dalam air yang jernih" Samadhi adalah pencerahan/pencapaian, keadaan kesadaran diatas Mimpi. 

3. TURIA :

Turia adalah wujud  kesadaran yang paling tinggi, hanya melihat satu didalam segala hal. Hanya Melihat Tuhan didalam segala hal atau dalam segala aspek kehidupan. Bahwa Tuhan tidak menciptakan alam ini, tapi segala yang ada adalah Wujud Tuhan. Tuhan memanifestasikan dirinya dari satu menjadi banyak. Kalau menciptakan, artinya membuat sesuatu dari material atau benda lain sebagai bahan untuk mewujudkannya, jadi akan ada 2 sumber; Tuhan dan Bahan. Hal yang tidak mungkin kalau ada dua sumber, akan memunculkan konflik. Segalanya adalah satu, dari satu menjadi banyak. Segala yang ada bersumber dari yang sempurna, segala yang ada adalah sempurna. Tuhan atau Brahman adalah satu-satunya zat yang tidak mengalami perubahan, tanpa awal dan akhir, tidak dilahirkan dan selalu ada. Prinsip Non Dualistik.

Sumber inspirasi dari: Yoga Sutra Patanjali, Isa Upanishad, dan Mandukya Upanishad.

᭑᭕ ᬫᬾᬳᬶ ᭓᭑᭙ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᬍ᭜᭑᭙ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Lukisan 'Acintya' art studio Mambal

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA