EVERYTHING IS PAIN

EVERYTHING IS PAIN

Amongken Je Liange, Amonto Sebete

Segalanya adalah penderitaan

Sarvam evam dukham mayam

     Setiap even atau kejadian, seberapa bahagianya atau menyenangkan akan berakhir,   dan diakhir kejadian akan menyisakan sedikit rasa dukha. Semakin besar kesenangan yang kita alami semakin  besar juga rasa dukha yang akan dialami diakhir kejadian. Mengharapkan atau berusaha untuk mendapatkan kebahagian menimbulakan penderitaan, usaha / berupaya akan membuat pikiran tertekan. Setelah kebahagian didapat / dimiliki juga menimbulkan penderitaan. Ada rasa takut / cemas akan kehilangan. Setelah kebahagian itu  benar-benar hilang juga menimbulkan penderitaan, mengenang kembali atau mengingat-ingat kembali kebahagian yang pernah kita alami / nikmati. Karena rasa bahagia / senang itu tersimpan dalam memori, berupa kesan.

     Jadi setiap kejadian / even adalah penderitaan dari awal sampai akhir. Termasuk bermeditasi / Yoga, menimbulkan penderitaan, karena setiap hari harus berlatih akan tetapi lebih baik melakukannya daripada tidak.

Parinama dukha, - diakhir kebahagiaan menimbulkan dukha.

Tapa dukha, - mengupayakan kebahagiaan menimbulkan dukha.

Samskara dukha, - pengaruh dari kebahagiaan menimbulkan dukha, mengingat kembali rasa bahagia yang tersimpan dalam memori, berupa kesan.

DUKHA DARI AWAL SAMPAI AKHIR

᭑᭙ ᬫᬾᬳᬶ ᭓᭑᭘ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭘ ᬫᬲᬾᬳᬶ᭟

Lukisan; Kala Mertyu, koleksi art studio Mambal.

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA