TAPA BRATA TDK MEMBUAT HIDUP MENJADI SUCI

Tapa Brata tidak membuat hidup menjadi Suci

       Melakukan Tapa Brata dan Yadnya, tidak membuat hidup menjadi suci atau untuk mendapatkan surga. Dengan tapa brata akan membuat hidup menjadi lebih stabil dan mantap,  akan memudahkan kita dalam melakukan segala bentuk sadana atau latihan. Kesucian, adalah sifat alami dari Sang Jati Diri, tidak ada usaha apapun yang perlu kita lakukan untuk menjadi suci. Patanjali mengatakan dengan Abyasah purwa, artinya latihan beristirahat atau meditasi. Hanya dengan rilek saja!

Tapa, Swadyaya, dan Iswarapranidana adalah Kriya Yoga, (Y S P).

       Kriya Yoga, adalah yoga tindakan, seluruh ciptaan ini ada karena kegiatan. Tidak ada ciptaan yang diam atau statis, semua memilki kegiatan atau aktifitas. begitu juga dengan tidur, banyak kegiatan terjadi ketika kita tidur. Tubuh dibangun ketika kita tidur, banyak kegiatan metabolisme terjadi ketika kita sedang tidur. "Mereka yang disebut cerdas adalah mereka yang melihat keheningan dalam aktifitas, dan melihat aktifitas dalam keheningan" - (BG).

▪Tapa, artinya bertahan, bertahan dalam ketidak nyamanan. Bertahan terhadap apa yang  orang lain lakukan padamu. Jadi tapa atau bertapa tidak mesti dilakukan di hutan ataupun di gunung.

▪Swadyaya, belajar mengenali diri, dari mana datangnya perubahan nafas dan pikiran. Memahami dan mengamati diri sendiri. Bukan belajar dari membaca buku!

▪Iswarapranidana, artinya berpasrah atau pengabdian kepada Tuhan, Tuhan Iswara yang ada dalam diri atau yang bersemayam disetiap insan. Kesucian atau Tujuan hanya bisa dicapai melalui pengabdian atau berpasrah kepada Tuhan Iswara.

Itulah ketiga aktifitas yang membentuk Kriya Yoga.

᭑᭖ ᬚᬸᬦᬶ ᭓᭑᭙ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭙ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA