SUMBER DUKA

SUMBER  D U K A  -  KLESA

'SARWA KLESA WINASANAM'

         Itulah mantra yang sering diucapkan diakhir doa. Sarwa klesa artinya segala Duka, winasanam artinya dihapuskan / dieliminasi. Yang dimaksud dengan sarwa klesa (segala duka) oleh Maha Rsi Patanjali, ada lima sumbernya; Awidya, Ahamkara, Raga, Dwesah, Abhiniwesah,  disebut dengan  Pancha Klesa:
1. Awidya = ketidak tahuan,
2. Ahamkara = ego, keakuan,
3. Raga = ketertarikan,
4. Dwesah = kebencian,
5. Abhiniwesah = rasa cemas, takut akan kematian.
Maha Rsi Patanjali telah memetakan ada lima sumber klesa tidak ada lagi yang lain, seandainya kita menemukan klesa yang lain itu artinya sudah termasuk kedalam salah satu dari kelima klesa tersebut.

         Klesa artinya hambatan/halangan yg harus kita lampaui / lewati / atasi, dalam perjalanan menuju pada pencapaian tertinggi/pencerahan - paraning numadi. Kelima halangan tersebut kalau diibaratkan sebuah pohon, Awidya adalah akar pohon, sedangkan ego dan yang lainnya adalah cabang dan ranting. Kalau kita hanya memangkas cabang atau ranting, akan mudah tumbuh lagi, bahkan tumbuhnya bisa lebih lebat. Sedangkan kalau akar pohonnya kita cabut, cabang dan ranting akan rontok dengan sendirinya. Dengan demikian, Awidya atau ketidak tahuan adalah sumber dari segala duka/klesa.

         Jadi, untuk mengeliminasi awidya atau ketidak tahuan, kita butuh pengetahuan atau berpengetahuan. Dengan pengetahuan sebagai cahaya untuk menerangi kegelapan, akan melenyapkan klesa-klesa yang lain dengan sendirinya.

᭒᭖ ᬳᭀᬓ᭄ᬢᭀᬩᭂᬂ ᭓᭑᭙ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᭒᭜᭑᭙ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA