KEMATIAN

 - K ° E ° M ° A ° T ° I ° A ° N -

        Kematian dalam sepiritual dengan kematian tubuh fisik berbeda. Bagi mereka yang memilih jalan spiritual atau kesunyian, yang dimaksud dengan kematian adalah berhentinya pikiran mengasumsi keadaan (situasi, kondisi dan obyek).  Pikiran tidak lagi distimulasi oleh kelima mod pikiran. Maka Sang Jati Diri akan bangkit dari tidurnya. Inilah yang dimaksud dengan dwijati yang sesungguhnya. Dwijati artinya lahir kembali atau lahir yang keduakalinya. Artinya, "Matilah sebelum kematianmu datang atau Bangkitlah sebelum ajalmu tiba." Dialah disebut Dwija, orang yg suci.

        Pikiran ini, Nafas ini dan Tubuh fisik ini bukan diri-Mu.

Jadi, DWIJATI terjadi sebelum kematian datang, adalah momen yang paling penting dalam kehidupan manusia. Bagi mereka yg telah tersucikan, tdk lagi terikat dengan hukum karma (free), kematian akan menjadi fenomena alam biasa dan berlalu begitu saja.
Sedangkan, yang dimaksudkan dengan Dwijati di Bali, pengertiannya sesuai dengan Sastra Semerti yang berkembang di Bali. Itu sudah berlaku Baku dan sah, yang berkaitan dengan kepentingan umat dalam beritual, bukan karena pencapaian.

Śastra-sastra  Ś R U T I  mengatakan,
Ketika Dwijati terjadi, akan ada lompatan kesadaran atau transformasi kesadaran :

Akan menemukan apa yg tdk ditemukan.
Akan mengerti apa yg tdk dimengerti.
Akan memiliki apa yg tdk dimiliki.
Karena, Shiwa bersamaMu dan Dia ada didalamMu.

Begitulah TUHAN dalam kehidupan ini.

᭒᭜ ᬦᭀᬧᬾᬫ᭄ᬩᭂᬃ  ᭓᭑᭙ ᭞ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬟᬸᬕ ᭞ ᭒᭜᭑᭙ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟
Lukisan "Kala Mertyu" art studio Mambal 

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA