TETAP EXIS DLM SEGALA RINTANGAN

TETAP EXIS DALAM SEGALA RINTANGAN

Empat Langkah Menuju Bahagia.
Empat Langkah Menjadi Orang baik.

Maitri Karuna Mudito Upekshanam

ᬫᬿᬢ᭄ᬭᬶ ᬓᬭᬸᬦ ᬫᬸᬤᬶᬢᭀ ᬉᬧᬾᬓ᭄ᬱᬦᬀ

         Ada begitu banyak sifat dan jenis manusia di dunia ini, tidak ada yang sama, tidak ada satu orangpun memiliki sifat yang sama. Namun, Maha Rsi Patanjali mampu melihat hal yang sama di setiap orang. Menurut Maha Rsi Patajali hanya ada empat jenis manusia atau empat macam manusia di Dunia ini;  •Mereka yang berbahagia, •Mereka yang tidak berbahagia, •Mereka yang selalu melakukan pekerjaan mulia dan, •Orang-orang yang selalu berbuat dosa atau tdk benar.
Bagaimana cara kita menghadapi orang-orang seperti itu, sehingga kita tetap bisa exis dan mampu melampaui segala rintangan dan hambatan dalam kehidupan ini.

        Meitri - pertemanan. Bertemanlah dengan orang-orang yang  bahagia, jangan berteman dengan orang-orang yang selalu bersedih. Kalau kita berteman dengan orang yang sedih kita akan ikut sedih, dia sedih kita juga sedih bagaimana bisa menolongnya. Bagaimana kita bisa berbagi kebahagian kita dengannya.

       Karuna - rasa kasihan atau simpati.
Kita wajib bersimpati dengan mereka yang bersedih atau menderita, tapi tidak melakukan pertemanan.
Bertemanlah dengan mereka yang berbahagia, kalau kita tidak berteman dengan orang yang berbahagia rasa iri akan muncul. Kita akan merasa iri dengan orang yang lebih berbahagia dari kita. Rasa iri tidak akan muncul kalau kita merasa bagian dari mereka, kita tidak akan iri dengan orang yang peduli dengan kita, kita merasa ikut menikmati kebahagiannya.

         Mudito - rasa senang atau bahagia atas kebahagiaan orang lain.
Bertemanlah dengan mereka yang selalu melakukan pekerjaan baik dan bermanfaat. Kecenderungan kita selalu mencela, mencari - cari kesalahan  orang yang melakukan pekerjaan baik. Dengan berteman pada orang-orang yang melakukan pekerjaan baik, seolah-olah kita ikut terlibat didalamnya, akan terhindar dari sifat yang selalu mencari kesalahan orang lain. Paling tidak mereka telah melakukan apa yang mesti mereka lakukan. Biasanya orang-orang yang selalu menyalahkan orang lain tidak pernah melakukan sesuatu, bahkan untuk dirinya.

    Upekshanam - abaikan. Abaikan orang-orang yang selalu berbuat dosa atau tidak benar. Lenyapkan segala perbuatan yang tidak benar dari pikiran. Semua memori yang tidak benar akan lenyap dari pikiran hanya dengan mengabaikan atau tidak mempedulikannya.
Jangan berteman dengan orang yang selalu berbuat tidak benar, kita akan larut dalam perbuatannya. Kita wajib mengingatkan dan abaikan, kalau tidak mengabaikannya, kita akan merasa lebih baik dari mereka. Dengan mengabaikan, perasaan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak akan muncul. Satu jari menunjuk kesalahan atau kejelekan orang lain, tiga jari selalu terlipat menunjuk diri sendiri. Jadi satu berbanding tiga. Kita memiliki tanggung jawab tiga kali lebih besar dari perbuatan orang itu. Maka berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

(Sumber  : Yoga Sutra Patanjali)

ᬫᬿᬢ᭄ᬭᬶ ᬓᬭᬸᬦᬵ ᬫᬸᬤᬶᬢᭀ ᭓ᬧᬾᬓ᭄ᬲᬵᬦᬀ ᬲᬸᬔ ᬤᬸᬔ
 ᬧᬸᬡ᭄ᬬ ᬅᬧᬸᬡ᭄ᬬ ᬯᬶᬱᬬᬦᬀ ᬪᬵᬯᬦᬵᬢᬄ ᬘᬶᬢ᭄ᬢ  ᬧ᭄ᬭᬲᬵᬤᬦᬫ᭄᭟

22 Juli 317 Dwapara yuga 2017 Masehi.

᭒᭒ ᬚᬸᬮᬶ ᭓᭑᭗ ᭞ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬟᬸᬕ ᭞ ᭒᭜᭑᭗ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Lukisan GARUDA dan NAGA ; koleksi art studio Mambal.

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA