MADE CENIK

    I MADE  C E N I K

(Eat Pray and Love, Bali is the island of love)

'Made cenik, lilig montor ibi sanje'
Pulau Bali yg kecil ini suatu saat nanti akan kedatangan orang2 yg menguasai teknologi.
'Montor Badung ke Gianyar gedebege muat batu, batu cina bais lantang cunguh barak '
Tergerus modernisasi dan globalisasi akan kedatangan orang2 yg memiliki kemampuan menejemen dan finansial yg mumpuni. China dan Barat(asing) akan menguasai perekonomian.
'Mangumbar umbar icodar, icodar matulupan'
'Jangkak-jongkok menyaru menyoncong jangkrik, jangkrik kawi ilutama, ilutama tunjung biru, tunjung biru margi iratu mesolah'
De mapi2, jgn pura2 atau coba2 bersaing dg mereka, karena kita tdk memiliki skill seperti mereka.  Mimpi punya bisnis besar untuk bersaing dg mereka.
'Mesolah saling enggokin tepuk api dong ceburin! '
Investasi skala besar cenderung mengekploitasi alam dan budaya. Dan kencendrungan kita bersaing dg saudara sendiri saling menjatuhkan.

       Leluhur kita sdh meramalkannya jauh2 hari akan adanya globalisasi, kita diminta cerdas dalam menyikapi, untuk tetap bertahan pada kearifan lokal. Berbisnis yg didasari budaya, hanya dg begitu kita mampu bertahan. Mereka pasti akan datang ke Bali tanpa diundang, Bali itu unik di dunia ini tdk ada yg seperti Bali. Dg bertahan pd kearifan lokal, sdh pasti mereka tdk mampu bersaing dg kita. Artinya, Bali tdk perlu Investasi dlm skala besar, kalau tdk ingin jadi penonton. Salah satu langkah kongkrit yg mesti kita lakukan adalah dg moratorium jml kamar hotel. Agar supaya mereka mencari homestay atau pondok wisata, yg sebagian besar dikelola oleh orang Bali. Kemudian mengembangkan Desa Wisata, untuk memperdayakan masyarakat desa, yg berbasis pd kearifan lokal (budaya dan alam). Rohnya pariwisata Bali adalah dari kehidupan pertanian, pertanian dlm arti luas; sawah, perkebunan, nelayan dan perikanan. 'Budaya Bali lahir karena kehidupan masyarakatnya yg agraris'

       Bukan wisatawan atau pebisnis saja yg datang ke Bali. Para Yogi juga sdh datang dari jaman kuno, mulai dari kedatangan Bathara Hyang Tiga Sakti (Besakih, Lempuyang dan Batur) sampai sekarang, hampir semua orang suci yg ada di Dunia pernah datang ke Bali.

       Sekarang Bali dibanjiri oleh orang2 yg sebagian besar dari mereka hanya mencari nafkah dan buang sampah di Bali.

Ajeg Bali napi Pajeg Baline!
😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁

Footenote:

Maha Rsi Markandya datang ke Bali untuk menanam pancha datu dan bertani, mengajarkan kita tentang pertanian!
Pancha datu adalah kelima logam mulia yg menjaga alam ini. Unsur logam dan mineral yg menjaga stabilitas bumi, supaya tetap berada pd poros dan garis edarnya. Bahwa kita semua berada dalam satu rumah (one heart and one globe).

Eat Pray and Love  -  (Julia Robert.) :
Eat = Eropa, Pray = India, Love = Bali.
Love = cinta adalah dasar/substansi dari kehidupan ini.
Orang  luar saja merasakan auranya, bahwa Bali adalah pulau cinta.

Gambar dari internet!!!
Pokokne Bali to kene 👍👍👍

᭒᭙ ᬚᬦᬸᬳᬭᬶ ᭓ᬍ᭜ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᬍ᭜᭒᭜ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA