HIDUP INI DIBANGUN ATAS DASAR KONFLIK

Hidup ini dibangun atas dasar KONFLIK!

       Setelah perang Bharata Yuda usai, konflik masih tetap ada. Meskipun Krishna sbg Avatar masih hadir dlm kehidupan ini.
Diawali dari keinginan untuk menguji kemampuan seorang pertapa (Yogi). Ingin mencoba atau coba2, yg melakukan justru anaknya Krishna sendiri. Dengan membuat kehamilan palsu dan meminta kepada pertapa tersebut meramal kandungannya, apakah akan lahir bayi laki2 atau perempuan?
Dari sinilah masalah mulai muncul, ternyata dari kehamilan palsu tsb keluar sebuah gada. Dikemudian hari akan menyebabkan kematian Krishna dan kehancuran Dwarawati / Dwaraka. Dwarawati adalah istananya Krishna yg dibangun oleh Bhagawan Wiswa Karma, arsiteknya para Dewa. Dwarawati tenggelam diterjang tsunami besar, seluruh kerajaan habis. Hal ini juga terjadi karena doanya Dewi Gandari, karena terbunuhnya semua putra2 Dewi Gandari dlm perang Bharata Yuda.

           Konflik tdk berhenti sampai disitu saja, tetap berlanjut sampai jamannya Parikesit. Pada suatu saat ditengah hutan, Prabu Parikesit sangat marah kepada seorang pertapa (Bhagawan Samiti) kemudian mengalungkan bangkai ular pada leher Bhagawan Samiti, karena tdk mau menjawab pertanyannya, Bhagawan Samiti sedang puasa monobrata (tdk ngomong). Bhagawan Srenggi, setelah mengetahui bahwa yg mengalungkan bangkai ular di leher ayahnya adalah Parikesit, Bhagawan Srenggi sangat marah sekali, kemudian mengutuk Prabu Parikesit supaya mati dipatuk bangsa ular.
Mendengar kutukan tsb, Naga Taksaka muncul niatnya untuk membunuh Parikesit, karena ada dendam pribadi antara Naga Taksaka dg keluarga Astina pura, terutama kpd Pandawa dan keturunannya. Parikesit berhasil dibunuh oleh Naga Taksaka. Saling balas dendam berlanjut pd generasi Astina Pura berikutnya, Raja Jayamejaya, membuat Yadnya untuk memusnahkan seluruh bangsa ular.

           Begitulah Konflik, masih terus berlanjut pada kehidupan selanjutnya, seperti apa yg terjadi pada raja2 Bali, penuh dg intrik dan saling menjatuhkan. Dan terus berlanjut pada kehidupan saat ini, konflik antar negara, konflik dlm bernegara, konflik antar kelompok, konflik keluarga dan konflik disetiap individu. Hal itu terjadi, karena tidak adanya keharmonisan antara Emosi dan Pengetahuan.

Lalu dimana letak Damai itu?
Apa itu Cinta?
dan,
Apa itu Ahimsa?

Damai, Cinta dan Ahimsa, hanya mudah untuk diucapkan!!!

Rahayu - Rahayu - Rahayu.

Stay at home - ᬗᭀᬬᭀᬗ᭄ᬚᬸᬫᬄ - Di rumah aja - Work from home.

᭜ ᬫᬭᭂᬢ᭄ ᭓᭓᭒᭜ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᬍ᭜᭒᭜ ᬫᬲᭂᬳᬶ᭟

Lukisan Puputan Badung, art studio Mambal.
Lukisan Naga dan Garuda, mitos dlm Hindu. Menceriteran konflik antara Diah kadru dan Diah Winata, ibu dari Bangsa ular dan Garuda. Garuda membebaskan ibunya dari perbudakan dan  kemudian menjadi tunggangannya Dewa Wisnu. Begitulah konflik sudah terjadi dari jaman awal penciptaan.

Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA