SATUS KUTUS 108

SATUS KUTUS (108)

Makna bilangan atau angka 108 dlm filosopi Hindu.

      Ada 9 planet dlm tata surya/solar system dan 12 konstelasi bintang2 yg mempengaruhi kehidupan kita di Bumi. Ke 9 Planit dan ke 12 konstelasi Bintang menimbulkan 108 kombinasi yg menstimulasi pikiran dan emosi, akan membuat hidup ini kadang nyaman dan kadang tdk nyaman. Ke 108 kombinasi tdk saja mempengaruhi emosi dan pikiran, berpengaruh juga pada setiap aspek kehidupan. Bahwa ada 108 kombinasi dlm aksara Bali, ada 108 upanisad, dan juga tercermin dlm ritualnya orang Bali, 
segehan cacah 108. Segehan atau Caru 108 adalah cara orang Bali mengharmoniskan alam (nyomia=somia). Namun, bagi seorang Sadhaka akan melantunkan japa (chanting) sebanyak 108 x untuk mengharmoniskan alam, pikiran dan emosi-nya. Angka 108 adalah angka tertinggi dlm system samkhya yoga. Bahwa, dlm hidup ini ada 108 kombinasi kosmik yg berpengaruh thd kehidupan.

MAHABARATHA atau ASTA DASA PARWA (ITIHASA) terdiri dari 18 Bab, ASTA = 8 dan  DASA = 10. Aksara Bali juga terdiri dari 18 huruf. Ke 18 aksara akan bermakna ketika digabung dg ke 6 huruf hidup; a - i - u - e - o - ē membentuk variasi suara sebanyak 108. Itulah cermin dari kehidupan, ke 18 huruf ketika digabung dg 6 huruf hidup, menjadi :
Ha Na Ca Ra Ka ... dst.
Hi Ni Ci Ri Ki .... dst.
Hu Nu Cu Ru Ku .... dst.
Akan ada 108 kombinasi suara membentuk kehidupan ini, misal Na + Si = Nasi dst.
Kata diluar dari108 adalah wujud distorsinya, itu tandanya bahwa hidup ini sangat komplek dan rumit. Angka 108 adalah dasar penciptaan, mewakili alam semesta dan semua keberadaan kita/seluruh manifestasi.

🙏RAHAJENG SEMENG🙏
Rahajeng nyanggra Tilem Kesanga!
᭑᭜ ᬧᬾᬩ᭄ᬭᬸᬳᬭᬶ ᭓᭒᭓ ᬤ᭄ᬯᬧᬭ ᬬᬸᬕ᭞ ᬍ᭜ᬍ᭓ ᬫᬲᬾᬳᬶ᭟

footnote:
•》Padewasan (ala-ayu) di Bali berdasarkan cosmologi, ditentukan oleh posisi :
- Planit2 dlm tata surya (Grahas menurut weda).
- Konstelasi ke 12 Rasi Bintang.
- Peredaran Matahari mengelilingi pusat masanya disebut Yuga (Catur Yuga).
•》 Jadi, Antara kita dengan cosmos adalah satu kesatuan. Hanya pikiran tdk menyatu dg segala sesuatu!
'





Comments

Popular posts from this blog

SAAT INI - TRI SEMAYA

RERAINAN

KITA SEMUA BERASAL DARI SUARA